Sabtu, 10 Desember 2011

Penyakit Keturunan

        Penyakit keturunan sering disebut juga dengan penyakit bawaan. Macam-macan penyakit keturunan diakibatkan adanya kelainan genetik yang diturunkan orangtua kepada anaknya. Dalam hal ini, gen dari orangtua ada yang hanya beraksi sebagai pembawa sifat saja. Penyakit tersebut baru menampakkan diri setelah dipicu lingkungan dan gaya hidup seseorang. Penyakit apa saja yang dapat diwariskan orangtua ataupun keluarga kepada anak?, Berikut di antaranya :

1.      Alergi
Berdasarkan penelitian ilmiah, dinyatakan bahwa sebagian besar penyebab alergi adalah faktor keturunan. Apabila orangtua mempunyai bakat alergi, kemungkinan besar alergi tersebut akan diturunkan pada anaknya. Alergi bisa menimbulkan bermacam-macam reaksi, bahkan beberapa di antaranya bisa mengancam hidup anak Anda.
Timbulnya alergi ini dipicu oleh alergen yang bisa berupa alergen hirup (tungau debu), makanan, dan alergen suntik (gigitan serangga atau suntikan). Umumnya, gejala yang muncul ketika seseorang terkena alergi adalah bersin terus-menerus, batuk-batuk, kulit memerah atau gatal-gatal, dan sebagainya.

2.      Obesitas

Obesitas atau kegemukan terjadi ketika ada penimbunan lemak pada tubuh seseorang secara berlebihan. Orang yang menderita obesitas biasanya sulit mengendalikan nafsu makannya. Salah satu penyebabnya adalah faktor gen atau keturunan. Gen menurun tersebut menyebabkan fungsi penahan nafsu makan tidak bekerja dengan baik. 

3.      Buta Warna

Buta warna dapat diartikan sebagai keabnormalan yang terjadi pada indra penglihatan seseorang karena sel-sel kerucut mata telah rusak sehingga tidak mampu menangkap suatu spektrum warna tertentu. Ketidakmampuan sel-sel ini bekerja diakibatkan oleh faktor genetik yang berasal dari orangtua penderita.

4.      Asma

Asma merupakan salah satu penyakit turunan yang menyerang saluran pernapasan dan membuatnya menyempit. Penyempitan saluran pernapasan ini hanya bersifat sementara dan terjadi akibat adanya peradangan di saluran pernapasan. Peradangan ini kemudian menyebabkan saluran napas bereaksi secara berlebihan (hiperaktivitas) terhadap suatu rangsangan, seperti debu, bulu binatang, asap, udara dingin, polusi, dan sebagainya.
Meski asma tergolong dalam penyakit turunan, namun penelitian yang dilakukan di Indonesia menyatakan bahwa hanya 30% penderita asma yang keluarganya menderita asma. Selain itu, diduga bahwa faktor ibu lebih banyak menurunkan asma kepada anaknya disbanding faktor ayah.

5.      Albino

Istilah albino diambil dari bahasa Latin, albus, yang berarti putih. Pada penderita albino kulitnya memang tampak putih, namun putih yang tidak wajar. Albino merupakan penyakit yang terjadi karena hilangnya pigmen atau melanin pada rambut, mata, dan kulit penderita. Pigmen sendiri adalah zat warna yang dimiliki oleh manusia, hewan, dan tumbuhan.
Penyakit albino diturunkan dari gen orang tua kepada anaknya. Pada umumnya, penderita albino lahir dari orangtua yang punya gangguan dalam hal produksi melaninnya. Orang yang memiliki gen albino, tubuhnya tidak dapat memproduksi pigmen melanin. Namun, apabila gen yang diturunkan orangtua hanya sebagai pembawa sifat, anaknya tidak akan memiliki memiliki gen albino.

6.      Kanker Payudara

Inilah penyakit yang paling ditakuti kaum perempuan. Namun, kanker payudara juga bisa mengancam kaum laki-laki. Kanker ini menyerang jaringan payudara. Gejala yang biasa dialami oleh penderita kanker ganas ini umumnya kulit pada payudara atau puting berwarna kemerahan, bersisik, atau menebal. Selain itu, keluar cairan/carah dari puting selain ASI. Yang paling kentara adalah adanya benjolan atau bengkak di sekitar payudara. Jika Anda mengalami gejala demikian, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. 
Dikatakan sebagai kanker payudara apabila terdapat perubahan/mutasi tertentu pada DNA sel payudara. Penyebab munculnya kanker payudara ini belum dapat dipastikan. Namun ada beberapa faktor yang diduga berperan dalam timbulnya kanker payudara, salah satunya adalah faktor genetik.Beri rating untuk artikel di atas                  

7.   Penyakit Jantung

Jika punya anggota keluarga menderita diabetes atau stroke, bisa dipastikan akan menderita gangguan jantung. Anak dari orang tua penderita gangguan jantung dan peredaran darah akan mewarisi penyakit tersebut. Ditambah lagi pasien gagal jantung juga akan menurunkan penyakit serupa.

8.  Jerawat

Jerawat agak sulit disembuhkan jika memang kedua orang tua kita berjerawat juga. Banyak anak usia sekolah berjerawat juga memiliki riwayat berjerawat pada keluarganya.

9.  Kebotakan
Walau kebotakan dianggap biasa pada kaum lelaki, ternyata hal itu juga dipicu oleh keturunan. Ada gen yang diturunkan oleh salah satu pihak orang tua atau keduanya yang menyebabkan si anak juga menderita kebotakan. Ada juga orang yang menderita kebotakan permanen yang pastinya juga disebabkan oleh salah satu jenis gen.

10. HIV /AIDS

AIDS adalah penyakit keturunan yang paling berbahaya. AIDS adalah suatu penyakit yang ditimbulkan oleh virus HIV. Virus ini menyerang sel darah putih khususnya disebut sel T pembantu yang berfungsi dalam pengaturan system kekebalan tubuh. AIDS menyebabkan menurunya daya kekebalan tubuh seseorang. Dan penderitanya sangat rentan terserang penyakit, bahkan penyakit yang ringan sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar